Jumat, 20 Juli 2012

10 Fakta tentang alkohol

0 komentar

Alkohol mungkin bisa meredakan stres setelah hari yang panjang, tetapi Anda tak akan tahu apa yang bisa disebabkan oleh alkohol jika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak. Belmarrahealth.com dalam situsnya menyebutkan bahwa alkohol dapat menyebabkan menurunnya daya ingat dan performa dalam bekerja. Jika Anda salah satu orang yang memiliki kebiasaan minum minuman beralkohol, sebaiknya Anda cek fakta-fakta berikut ini.

1. Alkohol mengurangi kualitas tidur
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa alkohol dapat berdampak pada kualitas tidur yang buruk, juga insomnia. Alkohol bisa membuat Anda terbangun sepanjang malam dan tidur di saat siang.

2. Alkohol menyebabkan Anda rentan terkena penyakit
Karena alkohol berdampak pada kualitas tidur, yang menyebabkan tubuh Anda kehilangan waktu untuk mengistirahatkan dirinya, maka hal ini bisa membuat sistem imun Anda berkurang. Insomnia juga mengurangi kadar hormon pelawan penyakit yang ada dalam tubuh Anda. Akibatnya, Anda lebih rentan terhadap penyakit yang datang.

3. Alkohol mempengaruhi ingatan
Saat tidur, otak mengolah kembali ingatan-ingatan Anda sebelumnya. Ketika alkohol membuat Anda insomnia, otak tidak punya cukup waktu untuk mengklasifikasikan ingatan atau informasi yang Anda kumpulkan. Akibatnya Anda seringkali lupa. Jika ini berkelanjutan, maka alkohol bisa mempengaruhi kesehatan mental Anda dan membuat Anda hilang ingatan dalam waktu yang lama.

4. Alkohol membuat fisik lemah
Alkohol mempengaruhi banyak sistem dalam tubuh Anda, dan biasanya berujung pada kualitas kesehatan Anda secara umum. Di samping itu, peminum alkohol biasanya menderita insomnia dan kurang stamina untuk melakukan pekerjaannya sehari-hari.

5. Alkohol menurunkan performa kerja
Kombinasi dari menurunnya daya ingat, stamina, serta insomnia yang membuat Anda rentan terhadap penyakit akan membuat performa Anda dalam pekerjaan terganggu. Anda bisa jadi melupakan jadwal rapat, melupakan nama rekanan Anda, yang bisa berdampak besar pada bisnis atau pekerjaan.

6. Peminum alkohol lebih berisiko terkena kelainan mental
Penelitian membuktikan bahwa sebagian besar peminum alkohol memiliki masalah psikologis, yang menunjukkan bahwa kesehatan mental orang tersebut sudah terganggu. Mereka seringkali tidak bisa mengontrol kemarahan, baik di rumah ataupun di tempat kerja.

7. Alkohol menyebabkan masalah perilaku
Minum minuman beralkohol juga berdampak pada perubahan perilaku seseorang. Terutama ketika alkohol telah mempengaruhi kesehatan mental dan ingatannya. Lama-kelamaan perilaku mereka akan berubah seiring dengan penyakit mental yang mereka derita. Hal ini pastinya juga akan berpengaruh pada keluarga atau orang-orang terdekat mereka.

8. Alkohol meningkatkan risiko kecelakaan
Karena alkohol jelas mempengaruhi kesehatan mental, ingatan, serta stamina, maka tak heran jika seseorang yang meminum alkohol seringkali mengalami kesalahan koordinasi saat menyetir atau mengoperasikan mesin. Hal ini bisa menyebabkan kecelakaan, atau bahkan kematian.

9. Alkohol menyebabkan stres
Alkohol tak hanya mempengaruhi ingatan seseorang, tetapi juga membuatnya selalu dipenuhi ketakutan. Keadaan mental peminum alkohol telah berubah dan akhirnya mempengaruhi tingkat percaya diri, membuat orang itu merasa tidak nyaman berada di lingkungannya dan menjalani kehidupannya sehari-hari.

10. Alkohol bisa membuat orang berhalusinasi
Apa Anda pernah berbicara pada orang yang terlalu banyak minum? Kadang mereka mengatakan sesuatu yang tidak benar-benar ada atau terjadi. Lebih lanjut, halusinasi tidak hanya terjadi saat Anda meminum alkohol, tetapi bisa terus menjangkiti anda di kehidupan nyata. Sering minum alkohol dalam jumlah banyak bisa membuat kesehatan mental Anda terganggu dan membuat halusinasi yang berkepanjangan.

0 komentar:

Posting Komentar